Rabu, 19 Agustus 2009

Football Manager 2009

Football Manager adalah gim PC yang bertema sepakbola paling populer di kalangan gamer manajer virtual. Kepopuleran gim ini mengalahkan gim bertema serupa, Championsip Manager (CM) meski CM telah lebih dulu lahir. FM memberikan keasyikan tersendiri dibanding CM, terutama karena keakuratan data, baik current ability maupun prospek masa depan (didukung oleh lebih dari 4000 scouts/pemandu bakat), gameplay yang bagus dan tingkat kesulitan yang lebih tinggi daripada CM.

Bahkan, data yang dikumpulkan oleh para scouts tersebut digunakan juga oleh klub-klub besar Eropa, semacam Everton (Inggris) dan Aberdeen (Skotlandia), baik untuk memantau pemain muda maupun calon lawan di Eropa. Itu karena banyak pemain muda yang diramal oleh scouts FM bakal menjadi pemain bagus yang terbukti dikemudian hari. Sebagai contoh, Freddy Adu (Amerika Serikat/Benfica), Andres Guardado(Meksiko/Deportivo la Coruna), Carlos Vela (Meksiko/Arsenal) atau Nikola Kalinic (Hajduk Split/Serbia Montenegro).

Bila ada kelebihan, tentu ada kekurangan, meski itu bisa tidak tampak sama sekali. Contohnya, tidak adanya klausul apapun ketika seorang staf di dekati oleh klub lain, yang ada hanya kompensasi, itupun kecil sekali untuk ukuran seorang staf yang memiliki reputasi nasional, bahkan internasional.  

Tidak ada komentar: